Thursday, December 29, 2011

Hidup

Hidup........................memang harus dinikmati disetiap detiknya, karena kita tidak bs mengulangi waktu yang telah berlalu. PAda dasarnya kehidupan manusia ini terbagi atas 5 fase. Ini kata-kata yang aku dapat dari hasil obrolan aku dengan ibuku tersayang melalui telpon. Aku tidak bisa untuk tidak menelpon Ibu/Pa melebihi seminggu. Minimal sekali seminggu aku harus menelpon mereka. Mulai dari cerita apa saja sampai cerita yang rada2 serius.

Waktu itu aku bertanya ke Ibu, ngapain aja ibu di rumah berdua aja sama Apa? yaahh ibu menjawab, yaaa sholat, ke mesjid, baca alquran. yaaahh itulah Ibu dan Apa, masuk fase berdua sekarang dan mempersiapkan diri untuk masuk ke Fase sendiri. Aku mulai berpikir apa maksud dari perkataan Ibu ini. yaahh beginilah hasil kesimpulan ibuku.

Fase pertama adalah : Fase sendiri. Selama 9 bulan kita sendiri di dalam rahim ibu.
Fase kedua adalah : Fase berdua dengan pasangan kita sebelum kita punya keturunan.
Fase ketiga adalah : Fase rame-rame dengan anak-anak kita. Canda tawa sedih marah semuanya heboh pada fase ini.
Fase keempat adalah : Fase berdua lagi dengan pasangan kita setelah anak-anak kita dewasa dan mereka mempunyai keluarga masing-masing. Nah inilah fase yang sedang dijalanin kedua orangtuaku tercinta.
Fase kelima adalah : Fase sendiri lagi, dimana kita harus berpisah dengan pasangan kita tinggal di alam yang lain yaitu alam barzah.

Untuk itulah kita harus menikmati semua fase kehidupan kita ini dengan sebaik-baiknya. Aku emngeluh ke Ibu karena kadang capek ngurus anak-anak, mereka rewel, nakal, ga mau makan, suka stress sendiri. Ibuku ngasih nasehat, nikmatilah semuanya Nak. Ga akan terulang lagi waktunya. Sekarang Mufid umur 5 tahun, sebentar lagi dia sudah mulai menjadi ABG ga mau lagi ikut kemana2, dia sudah punya dunia sendiri dan mungkin ga sampai 15 tahun lagi dia akan meninggalkan kamu, meneruskan kuliahnya ke kota lain atau benua lain. pasti kamu akan merindukan saat2 sekarang ini. Seperti Ibu/Apa sekarang, ingin sekali kalian semuanya ngumpul  di satu kota, ga berjauhan seperti sekarang. Tapi keinginan itu cuma tinggal keinginan, ga akan mungkin terwujud, karena kalian punya cita-cita sendiri juga.



Makanya nikmatilah kehidupan sekarang di fase manapun engkau berada anakku.

I love U Ibu/Apa.

No comments:

Post a Comment